Selasa, 15 Oktober 2019

Jenis-jenis Komputer Berdasarkan Fisiknya

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh.

Pada tugas ptki ini saya akan menjelaskan jenis-jenis komputer berdasarkan fisiknya. penggolongan komputer menurut fisiknya atau bentuknya terdapat 6 macam yang masing-masing tentunya memiliki ukuran, berat dan fungsi yang berbeda beda. dengan ukuran yang kecil belum tentu kinerja dari sebuah komputer tersebut buruk bahkan justru ada yang sebaliknya. berikut 6 macam komputer berdasarkan bentuk fisiknya.

1. Tower


komputer jenis ini termasuk kedalam ukuran yang lumayan besar sehingga kebanyakan komputer jenis ini di letakkan disamping meja atau dibawah meja. dengan ukuran yang besar ini bukan tanpa alasan melainkan untuk memiliki ruang lumayan besar yang di dalamnya terdapat tempat untuk memasang card tambahan (expansionslot)

2. Desktop

komputer desktop adalah komputer yang ukurannya sedikit lebih kecil sehingga dapat diletakkan diatas meja oleh karena nya di sebut komputer desktop atau diatas meja. karena bentuknya yang tidak terlalu besar dan dapat di letakkan diatas meja, banyak orang yang menggunakan nya dan harga nya yang relatf murah dibanding komputer jenis lainnya.

3. Portable

komputer jenis ini memiliki ukuran yang lebih kecil dari komputer desktop. komputer ini semua bagian-bagian nya di rangkai dan disusun menjadi satu kotak saja. karena hanya berbentuk kotak maka kompter ini dapat dibawa kemana saja. Komputer ini ditujukan bagi orang yang bekerja dilapangan, misalnya insinyur yang menyelesaikan suatu rumah atau peneliti yang mengumpulkan data dilokasi yang jauh dari kantornya. Komputer ini kurang popular karena relatif besar dan berat.

4. Notebook


notebook merupakan jenis komputer yang memiliki ukuran yang terbilang cukup kecil dengan komputer yang lainnya. komputer ini memiliki ukuran yang hanya sebesar kertas kuarto atau buku cacatan dengan tebal sekitar 1 inci dan berat sekitar 3-4 kg. dengan ukuran yang hanya sebesar kertas catatan tetapi komputer jenis ini memiliki spesifikasi yang cukup memadai seperti prosesor yang terbilang kencang, hardisk yang besar tetapi beberapa notebook tidak memiliki DVD-ROM.

5. Subnotebook

subnotebook adalah komputer yang ukurannya ada diantara komputer notebook dan palmtop. Ukuran komputer ini sedikit lebih kecil dari notebook karena ada sebagian perangkat yang tidak dipasang, biasanya disk drive.

6. Palmtop

komputer jenis ini memiliki ukuran yang sangat kecil ketimbang komputer jenis lainnya yang hanya segenggam tangan. karena ukuran nya yang hanya sebesar disk atau genggaman tangan, komputer ini juga memiliki keyboard dan layar yang sangat kecil sehingga cukup menyulitkan pengguna nya. komputer ini juga sama sekali tidak memerlukan arus listrik tetapi hanya memerlukan baterai AA.

Demikian tugas ini saya akhiri. jika terdapat salah kata atau kalimat mohon dimaafkan.

assalamualaikum wr.wb.


NAMA   : MUHAMMAD RIZKI PRASETYO
KELAS  : 1IA18
NPM      : 54419427

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Makalah Pengantar Web Science ( SDLC Dan CIA Triad )

1.   Apa yg dimaksud dengan SDLC pada perancangan sistem?             System Development Life Cycle (SDLC) merupakan proses suatu penentuan ...